Daerah Mesuji

Bumdes Karya Makmur Berinovasi Berkebun Cabai Guna Menambah Penghasilan Warga

Trastvlampung.com-Mesuji – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Makmur Desa Tebing Karya Mandiri kecamatan Mesuji Timur kabupaten Mesuji berinovasi berkebun cabai. Kamis, (16-6-2022)

Dengan penyertaan modal yang bersumber dari Dana Desa (DD) senilai 80 juta rupiah yang pernah dibekukan, kini BUMDes Karya Makmur ikut andil memberdayakan beberapa masyarakat.

Sekitar 4000 batang dengan Luas lahan kurang lebih seperempat hektare, tanaman cabai dapat menghasilkan 20 kg panen pertama hingga 2,5 kwintal dimasa panen puncaknya.

Kepala Desa Tebing Karya Mandiri Eka Bayu Prastya mengatakan, di masa sulitnya perekonomian saya sempat kaget, ketua BUMDes Karya Makmur mampunyai gagasan cemerlang untuk berinovasi dengan memberdayakan beberapa warga untuk bekerja  mendapat tambahan penghasilan di keluarganya.

“Saya sempat kaget dan sebelumnya saya juga agak meragukan gagasan ketua BUMDes, pengajuan modal yang tidak sedikit untuk bertanam cabai dengan sumber dana dari Dana Desa. Selain biaya yang tidak sedikit untuk bertanam cabai perawatannya juga tidak mudah. Alhamdulillah dengan semangat kerja ketua BUMDes yang sangat luar biasa, tanaman cabai sudah 11 kali di panen hingga membuahkan hasil sekitar 2 ton dengan harga rata-rata 40 ribu rupiah pada buah pertama, saya juga berterima kasih kepada ketua BUMDes, berkat gagasan dan inovasinya, beberapa warga Tebing Karya Mandiri merasa terbantu tambahan penghasilannya dengan ikut bekerja di kebun cabai ini,”ungkap Bayu.

Ketua BUMDes Tebing Karya Mandiri Wahyudi berharap, kepada Pemerintah Daerah melalui dinas pertanian untuk kiranya  memberikan perhatian permodalan untuk perluasan tanaman cabai.

“Dengan tujuan kami ingin menanam cabai lebih luas lagi dari sekarang ini,”harap ketua BUMDes Wahyudi.”(Mus)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Daerah Lampung Terkini

Dugaan Pungli, Kabid Disdik Masih Bungkam Dengan Pemanggilan KS SDN Tanjung Harapan

Trastvlampung.com- Merbau Mataram- Menindaklanjuti adanya pemberitaan edisi sebelumnya, terkait adanya dugaan pungli yang sudah berjalan enam tahun (6th) di salah
Daerah

Kordiv HPPH Wahyu Eko Prasetyo Melekatkan Pengawasan Pada Pelantikan dan Bimtek Pantarlih di Kecamatan Mesuji Timur.

Trastvlampung.com-Mesuji –Bawaslu kabupaten Mesuji melalui anggota Pimpinan Bawaslu (Kordiv HPPH) Wahyu Eko Prasetiyo, S.Pd., melakukan pengawasan melekat pada acara pelantikan