Advertorial Daerah Mesuji

Di Hari Lahir Pancasila, Bawaslu Mesuji Gelar Pelantikan 105 PKD Se Kabupaten

Trastvlampung.com-Mesuji – Tepat dihari lahirnya Pancasila tahun 2024 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji menggelar pelaksanaan pelantikan dan pengambil sumpah jabatan sekaligus pembekalan kepada Pengawas Kelurahan Desa (PKD) yang berlangsung tersebar di tujuh Kecamatan sekabupaten Mesuji. Sabtu,01/06/2024.

Dalam pelaksanaan tersebut Bawaslu Mesuji melantik sebanyak 105 PKD yang akan ditempatkan tugas pengawasan pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di setiap Desa di tujuh kecamatan sekabupaten Mesuji.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mesuji Deden Cahyono Sos.I. mengatakan, PKD terlantik yaitu mereka yang telah terpilih sejak dari tahapan perekrutan secara terbuka kemudian dilanjutkan melalui hasil tahapan tes seleksi wawancara oleh para pimpinan pengawas kecamatan (Panwascam) di setiap kecamatan sekabupaten Mesuji.

“105 PKD terlantik dan diambil sumpah jabatannya dilaksanakan pada masing-masing kecamatan sekabupaten Mesuji yang dipimpin langsung oleh Ketua dan anggota Pimpinan Panwascam, yakni kecamatan Tanjung Raya, Simpang Pematang, Way Serdang,Panca Jaya, Mesuji, Rawajitu Utara,dan Mesuji Timur,”ujar Deden kepada wartawan.

Deden menuturkan, Panitia Kelurahan Desa (PKD) yang terbentuk saat ini merupakan mitra tugas Bawaslu di bawah naungan Panwascam guna meningkatkan kualitas kepengawasan setiap tahapan serta pelaksanaan pada Pilkada serentak 2024 sesuai ketetapan aturan berlaku untuk mencapai jalannya Pemilihan yang adil dan tertib.

Pria yang juga pernah menjadi ketua E-sport Mesuji ini juga berharap seluruh PKD yang terlantik dapat menjalankan tugas fungsi wewenang dan kewajiban sepenuhnya dalam menyukseskan serta menegakkan hajat Demokrasi Pilkada serentak 2024 yang Profesional dan Bermartabat melalui Asas Pemilu yang LUBER JURDIL (Langsung,Umum,Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil).

” Pengawas pemilu merupakan Tonggak Demokrasi bangsa untuk mewujudkan sarana kedaulatan rakyat yang efektif , maksimal bermutu serta berkualitas. Sebab itu kami Bawaslu Mesuji berharap bagi seluruh Panwascam dan PKD yang diamanahkan dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya saling berkolaborasi secara aktif dan benar-benar memahami apa yang menjadi kewajiban,”ungkapnya.

Lebih lanjut Deden juga berharap seluruh panitia pengawas disetiap tingkatan untuk mampu dan berupaya membangun jaringan atau hubungan kolaboratif kepada setiap lapisan elemen sebagai bentuk pengawasan partisipatif masyarakat.

Karena menurutnya, kesuksesan hajat Demokrasi yang sehat serta berkualitas tidak akan mampu terwujud tanpa dukungan dan kesadaran bagi setiap masyarakat.

“Mari kita awasi bersama Pemilukada 2024 ini secara Masif , Akuntabel , tanpa Nondiskrimitanif dan Proporsional terbuka. Kita Awasi, Cegah dan Tindak jika adanya pelanggaran pemilu, agar kita dapat menentukan pemimpin yang memiliki Integritas tinggi untuk masyarakat lebih baik.
“Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu,” tandasnya.”(ADV)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Daerah Lampung Terkini

Dugaan Pungli, Kabid Disdik Masih Bungkam Dengan Pemanggilan KS SDN Tanjung Harapan

Trastvlampung.com- Merbau Mataram- Menindaklanjuti adanya pemberitaan edisi sebelumnya, terkait adanya dugaan pungli yang sudah berjalan enam tahun (6th) di salah
Daerah

Kordiv HPPH Wahyu Eko Prasetyo Melekatkan Pengawasan Pada Pelantikan dan Bimtek Pantarlih di Kecamatan Mesuji Timur.

Trastvlampung.com-Mesuji –Bawaslu kabupaten Mesuji melalui anggota Pimpinan Bawaslu (Kordiv HPPH) Wahyu Eko Prasetiyo, S.Pd., melakukan pengawasan melekat pada acara pelantikan