Daerah Lampung Terkini Metro

Gelaran Pargoy Ke-10 Sukses Adakan Lomba Gambar Bercerita Tingkat SD Se- Lampung

Trastvlampung-com-Metro– Gelaran Pasar Pargoy (pasar Ganjaragung Joyodiharjo) Kelurahan Ganjaragung Metro Barat Kota Metro Lampung terus bergeliat.Kegiatan ini selain menjajakan jajanan murah juga diisi kegiatan kreatif warga.Minggu, 26-02-2023.

Pasar kreatif Pargoy yang beralamat di jalan Joyodiharjo RW 11 ini merupakan gelaran pasar yang ke-10 dengan mempersembahkan Lomba Gambar Bercerita Tingkat SD Se-Lampung, tema tentang Kota Metro. Untuk Juri menghadirkan Tim Juri koordinator Abidin Ahmad, anggota Dimas Pindo dan Rizka Amanda dari Sanggar Sangkil Gallery.

Pendamping Pasar Pargoy DR.Sowiyah.M.PD. mengatakan, Alhamdulillah hari ini Pargoy gelaran yang ke-10 dimana disini tetap ada inovasi, yaitu perlombaan kali ini melukis gambar bercerita Tingkat SD kelas rendah dan kelas tinggi .

Menurutnya, peserta kali ini cukup banyak tetapi karena ini tentang kegiatan melukis jadi tidak semua bisa mengikuti . Kami dalam hal ini mencari bakat dengan mencari para nominasi juara 1,2,3 dan juara harapan dan kita berikan penghargaan sertifikat serta piala.

Masih menurut Bunda Sowiyah sapaan akrabnya menyampaikan, kepada para orang tua bahwa Pargoy ini pasar kreatif edukatif, ajak anak anak kesini kita akan membuka kursus melukis gratis semua jenjang, dan kita buka juga jenjang dewasa karena kita telah bekerjasama dengan ahli dan sanggar seni. Kemudian kita juga adakan les tari- tarian, seperti tari sigeh pengunten untuk menyambut tamu dalam acara seremoni, tuturnya.

“Kita juga adakan kegiatan dengan para pedagang kita adakan pengajian itu juga untuk sharing, apa saja yang bisa dimusyawarahkan jadi kekompakan kita yang kedepankan. Dan kedepannya kita juga akan adakan inovasi- inovasi seperti , galeri- galeri, pusat pertemuan diklat, dan ruang untuk pertemuan, terangnya.

Sementara Kepala Dinas PPPA PP dan KB Metro Wahyuningsih.SKM., Kes mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Metro sangat mengapresiasi sekali dengan Pasar Pargoy , pargoy ini tumbuh dari masyarakat yang juga sehubungan dengan penunjukan kelurahan Ganjaragung Yaitu kelurahan Ramah Perempuan Peduli Anak dan Alhamdulillah syukur disini ada warga masyarakat yang juga warga pemerhati perempuan pemerhati anak.

“Jadi kita lihat bersama di Pargoy ada kegiatan melukis gambar bercerita yang di ikuti oleh anak anak sekolah Dasar , dan sepertinya di Pargoy ini ada spesifik khusus untuk perempuan dan anak sudah terlihat sekali, adanya ibu – ibu setiap hari libur mereka untuk meningkatkan perekonomian keluarga mereka berdagang, dan adanya anak-anak karang taruna juga ada yang ikut berdagang.”

” Yang kami senang sekali, setiap mau gelaran Germas ada disini ( gerakan masyarakat hidup sehat) yang mana sebelum pasar dimulai ada senam, kita senam bersama, tuturnya.

“Ini juga sebagai salah satu upaya yang mana Kota Metro saat ini untuk bagaimana naik kelas, dan kemarin kita Metro Kota Layak Anak dengan kategori Nindya kita sedang berupaya naik kelas ke-Utama.

“Masih disampaikannya, jadi penghargaan Kota layak anak bukan sekedar penghargaan, harus bisa berimplementasi ya seperti ini memperhatikan anak, kebutuhan waktu anak terpenuhi, menyalurkan bakat anak, dan ibu-ibu digiatkan untuk pemberdayaan perempuan. Kita berharap di kelurahan lain juga ada seperti ini dan ditempat lain juga ada bisa memanfaatkan peluang adanya jalan lingkungan.tutupnya.

Hal sama juga disampaikan oleh Mas Dedi Selaku Ketua Panitia Pargoy, bahwa pargoy ini kita akan terus berupaya berinovasi dan semoga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar Ganjaragung.

Diakhir acara ini juga diberikan pembagian hadiah bagi para juara, untuk juara kelas rendah Ke-satu diraih oleh Izzam Zhafran SD 4 Metro Timur, San Kelas Tinggi Ke-satu diraih oleh Thoriq Azdia SD Muhammadiyah.”( Red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Daerah Lampung Terkini

Dugaan Pungli, Kabid Disdik Masih Bungkam Dengan Pemanggilan KS SDN Tanjung Harapan

Trastvlampung.com- Merbau Mataram- Menindaklanjuti adanya pemberitaan edisi sebelumnya, terkait adanya dugaan pungli yang sudah berjalan enam tahun (6th) di salah
Daerah

Kordiv HPPH Wahyu Eko Prasetyo Melekatkan Pengawasan Pada Pelantikan dan Bimtek Pantarlih di Kecamatan Mesuji Timur.

Trastvlampung.com-Mesuji –Bawaslu kabupaten Mesuji melalui anggota Pimpinan Bawaslu (Kordiv HPPH) Wahyu Eko Prasetiyo, S.Pd., melakukan pengawasan melekat pada acara pelantikan