Lampung Terkini Pembangunan Sosial Budaya Tulang Bawang Wisata

Kadis Pariwisata Tulang Bawang Siap Dukung Wisata Kampung Sawah Kape

Trastvlampung.com-Tulang Bawang – Dengan adanya potensi Wisata Sawah Kape yang berada di Kampung Sumberagung Kecamatan Rawa Pitu langsung mendapat dukungan dan tanggapan baik dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  Daerah Setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Tulang Bawang Drs. Ismed M.H  saat di konfirmasi mengenai wisata sawah kape   mengatakan, ya Alhamdulillah kami atas nama pemerintah Daerah Khususnya Dinas Pariwisata  dan Kebudayaan mengapresiasi dan mendukung penuh kampung yang punya inovasi dalam menciptakan  destinasi wisata.

Menurutnya bahwa dalam mengembangkan wisata kampung tersebut harus dibentuk kelompok pengelolanya seperti Pokdarwis ( Kelompok Sadar Wisata) yang ada di kampung tersebut .

Masih dikatakan Kadis Pariwisata Ismed pihaknya akan segera meninjau dan memberikan sosialisasi dengan tata cara pengelolaan bidang destinasi wisata, apa saja yang prasarana yang  kurang kalau itu akses jalan  atau tempat MCK ya nant kita usulkan ke Pihak Dinas Terkait PU, tuturnya.

Seperti diberitkan sebelumnya Kepala Kampung Sumberagung sangat berharap Pemda bisa melirik potensi wisata swah kape yang ada di pelosok ini, tentunya berharap responsif stakeholder yang membidangi yakni Dinas Pariwisata Kabupaten Tulangbawang segala bentuk perhatiannya kami sangat mengharapkan,” kata dia, saat ditemui di lokasi Wisata Sawah Kape, Minggu (29/08/2021).

Dia menuturkan, Tujuannya destinasi Wisata Sawah Kape tersebut agar nantinya dapat menjadi income kampung Sumberagung. Tentunya membuka peluang UMKM kepada masyarakat setempat. Terutama meningkatkan pendapat ekonomi warganya.

“Jadi, kalau wisatawan berkunjung ke sini otomatis mereka akan membeli jajanan kuliner dan para pedagang nya warga setempat,” ucap dia.

Lebih jauh dia menjelaskan, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat untuk para wisatawan yang datang juga masih dibatasi. Dengan biaya masuk per satu orang hanya 3.000 (Tiga Ribu Rupiah).

“Pintu masuk, sudah kami siapkan tempat cuci tangan dan bagi pengunjung yang tidak memakai masker di sini sudah kami siapkan untuk diberikan ke pengunjung,” terang dia.

Luas sawah yang ada di wisata ini, kata dia, ada 60 hektare sawah terbentang di kelompok tani Cekatan. Wisata Sawah Kape ini sendiri pembangunan nya tersebut kucuran dana dari APBKam Tahun 2021 tahap pertama dengan menelan anggaran 140.000.000,_ (Seratus Empat Puluh Juta Rupiah).

“Masih banyak, yang perlu dikembangkan dan dibuat. Namun, terkendala dengan dana untuk pembangunan tempat seperti gubuk sawah kolam pemancingan,” tutup dia.”( Red)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Daerah Lampung Terkini

Dugaan Pungli, Kabid Disdik Masih Bungkam Dengan Pemanggilan KS SDN Tanjung Harapan

Trastvlampung.com- Merbau Mataram- Menindaklanjuti adanya pemberitaan edisi sebelumnya, terkait adanya dugaan pungli yang sudah berjalan enam tahun (6th) di salah
Daerah Lampung Terkini

SDN Tanjung Harapan Diduga Lakukan Pungli Selama 6 Tahun

Trastvlampung.com- Merbau Mataram- Dunia Pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, rupanya dalam keadaaan tidak baik baik saja. Pendidikan yang