Advertorial Daerah Metro

KPU Metro Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih DPRD Pemilu Tahun 2024

Trastvlampung.com –Kota Metro – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kota Metro Menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro dalam pemilu tahun 2024.Selasa 28-05-2024.

Kegiatan dilaksanakan di aula kantor KPU kota metro yang dihadiri oleh perwakilan Kpu provinsi Warsito, Polres metro, Dandim 0411, Kejaksaan Negeri, Kesbangpol, Bawaslu dan tujuh fraksi partai partai.

Dari ke-tujuh perwakilan partai tersebut diantaranya partai Pkb dihadiri oleh (Yusron fs), Gerindra (Adi Novrizal), Golkar (Arif Budi.S.), PKS (Rias Febriansyah), Demokrat (Toni) dan terakhir partai Nasdem yang dihadiri oleh (Deni).

Berikut 25 calon anggota DPRD Kota Metro terpilih, Dapil 1 Metro Pusat terdapat 8 anggota DPRD terpilih, masing-masing ialah :

  1. Yusron Fauzi Saleh, SH
  2. Ancilla Hernani, SE., S.Psi., M.Pd
  3. Ria Hartini, S.Sos., MM
  4. Maryati, SKM., M.Kes
  5. Kun Komaryati, SE
  6. Ansori, SE., MM
  7. Roma Doni Yunanto, S.Pt
  8. Hi. Fahmi Anwar, SE

Dapil 2 Metro Utara terdapat 5 anggota DPRD terpilih yang masing-masing ialah :

  1. Drs. H. Sudarsono, MM
  2. Didik Isnanto
  3. Iin Dwi Astuti, SE
  4. Efril Hadi, M.Kes
  5. Ahmad Kuseini, M.Pd.I

Dapil 3 Metro Timur terdapat 6 anggota DPRD terpilih yang masing-masing ialah :

  1. Sutikno
  2. Basuki, S.Pd
  3. Subhan, SE
  4. Hi. Abdulhak, SH., MM
  5. Wasis Riyadi, S.Sos, MH
  6. Amrulloh, SH., MH

Dapil 4 Metro Barat dan Metro Selatan terdapat 6 anggota DPRD terpilih yang masing-masing ialah :

  1. Wahid Asngari, S.Pd.I., M.Pd.I
  2. Ahmadi
  3. A Cahyadi Lamnunyai, SH
  4. Ir. Deswan
  5. Ir. Hadi Kurniadi, ST., MT
  6. Basuki Rahmad

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama mengungkapkan bahwa penetapan 25 nama Caleg terpilih itu telah sesuai dengan surat dinas KPU Republik Indonesia.

“Hari ini sesuai surat dinas KPU RI, pasca putusan MK kami diminta 3 hari terkait penetapan hasil dan jumlah alokasi kursi serta anggota DPRD yang terpilih. Hari ini sesuai dengan jadwal kami laksanakan rapat pleno terbuka terkait dengan penetapan hasil alokasi kursi dan anggota DPRD terpilih untuk Pemilu 2024,” kata dia dalam konferensi Persnya, Selasa (28/5/2024).

Septa menerangkan bahwa pihaknya telah melakukan perhitungan menggunakan metode Sainte untuk mengkonversi perolehan suara partai ke kursi di parlemen pada Pileg 2024.

“Sampai dengan hari ini kan kami memang sudah menghitung, sesuai hitungan kami menggunakan metode Sainte Lague sudah ditetapkan 25 DPRD Kota Metro yang insyaallah bukan berubah tapi kami baru menetapkan ini,” ujarnya.

Dari 18 partai politik peserta pemilu, hanya terdapat 7 parpol yang memperoleh kursi legislatif di DPRD Kota Metro.

“Dari 18 partai politik memang tidak semua mendapatkan kursi, pertama dari PDI Perjuangan dapat 5 kursi, kemudian Golkar, NasDem dan PKS itu dapat 4 kursi. Lalu PKB dan Demokrat masing-masing 3 kursi dan Gerindra 2 kursi,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa tugas KPU Metro dalam pileg 2024 telah usai. Selanjutnya terkait dengan pelantikan hingga penempatan anggota DPRD Kota Metro terpilih merupakan kewenangan dewan.

“Hari ini tugas kami sudah selesai menetapkan dan ini akan kami sampaikan kepada calon terpilih dan DPRD Kota Metro. Mungkin selanjutnya proses itu kembali kepada teman-teman dewan, terkait proses pelantikan kemudian penetapan itu bukan wilayah kami,” ucapnya.

Septa juga meminta seluruh Caleg terpilih dapat mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPU Kota Metro.

“Kami hanya mengantarkan tetapi kami minta kepada calon-calon terpilih, 21 hari menjelang pelantikan diminta untuk membuat LHKPN dan itu dilampirkan serta dilaporkan ke kami. Kalau selanjutnya terkait proses pelantikan, SK, AKD itu sudah wilayah teman-teman DPRD Kota Metro,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, terkait dengan sengketa pemilu legislatif yang sebelumnya di laporkan oleh Partai Gerindra dinyatakan telah dihentikan. Hal itu disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro, Badawi Idham saat dikonfirmasi awak media usai rapat pleno terbuka.

“Untuk sengketa pemilu yang dari partai Gerindra, itu tiga kali sidang di MK dan terakhir tanggal 21, sidang tidak bisa dilanjutkan dan dihentikan.”(ADV)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Daerah Lampung Terkini

Dugaan Pungli, Kabid Disdik Masih Bungkam Dengan Pemanggilan KS SDN Tanjung Harapan

Trastvlampung.com- Merbau Mataram- Menindaklanjuti adanya pemberitaan edisi sebelumnya, terkait adanya dugaan pungli yang sudah berjalan enam tahun (6th) di salah
Daerah

Kordiv HPPH Wahyu Eko Prasetyo Melekatkan Pengawasan Pada Pelantikan dan Bimtek Pantarlih di Kecamatan Mesuji Timur.

Trastvlampung.com-Mesuji –Bawaslu kabupaten Mesuji melalui anggota Pimpinan Bawaslu (Kordiv HPPH) Wahyu Eko Prasetiyo, S.Pd., melakukan pengawasan melekat pada acara pelantikan