Daerah Mesuji

Peran Pemerintah Memantau Warga Agar Terhindar Dari Sindikat Pekerja Migran Bodong

Trastvlampung.com- Mesuji – Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Mesuji Mengadakan Sosialisasi Perlindungan Buruh Migran bertempat di Aula Polres setempat , Kamis 15/09/22.

Hadir dalam kesempatan tersebut,Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah Lampung, Pemerintah Kabupaten , Direktur Bimbang Masyarakat (Dir Binmas) Polda Lampung, Kapolres Mesuji, Dinas tenaga kerja Mesuji, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bintang Desa Tanjung Menang Raya, Direktur PT. Citra Putra Indra, Kepala Desa, semua camat di 7 kecamatan dan Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Mesuji.

Dalam sambutanya,Bupati Mesuji Sulpakar melalui Staf Ahli Bupati Mesuji Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Wahyu Arswendo Umbara mengatakan Peran pemerintah dalam perlindungan PMI adalah memantau, memonitor dan mengedukasi warga yang akan berangkat agar terhindar dari sindikat-sindikat yang merugikan pekerja migran Indonesia.

“Jadi sangat penting kiranya perusahaan penyaluran melaporkan kegiatannya kepada pemerintah, agar dapat di lakukan monitor kegiatan,termasuk tenaga kerja yang disalurkan,”harapnya.

Ditempat yang sama Dirbinmas Polda Lampung, Kombes Pol Anang Triarsono didampingi Kapolres Mesuji AKBP Yuli Harydho,meminta Bhabinkamtibmas harus peduli dengan pekerja migran.

“Petugas kepolisian dalam hal ini Bhabinkamtibmas wajib kiranya melakukan koordinasi dengan kepala desa dengan harapan dapat meminimalisir kemungkinan buruk yang dapat menimpa para pekerja migran khususnya asal Mesuji,”harapnya.

Kepala LPK Kabupaten Mesuji,Bintang Purna Irawan mengatakan,LPK Mesuji ditahun ini setidaknya telah mendidik 146 orang untuk keberangkatan ke Taiwan, Hongkong dan Singapura,dan 80 orang untuk didik untuk bekerja sektor formal dan 56 sektor non formal.

“Saat ini yang sedang pendidikan di LPK ada 20 orang untuk tujuan keberangkatan ke berbagai negara. Jadi, tak perlu jauh-jauh untuk proses kerja ke luar negeri, di Mesuji sudah bisa yakni melalui LPK Bintang, Desa Tanjung Menang Raya dan PT. CPI,tandasnya.”(Muslim)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Daerah Lampung Terkini

Dugaan Pungli, Kabid Disdik Masih Bungkam Dengan Pemanggilan KS SDN Tanjung Harapan

Trastvlampung.com- Merbau Mataram- Menindaklanjuti adanya pemberitaan edisi sebelumnya, terkait adanya dugaan pungli yang sudah berjalan enam tahun (6th) di salah
Daerah

Kordiv HPPH Wahyu Eko Prasetyo Melekatkan Pengawasan Pada Pelantikan dan Bimtek Pantarlih di Kecamatan Mesuji Timur.

Trastvlampung.com-Mesuji –Bawaslu kabupaten Mesuji melalui anggota Pimpinan Bawaslu (Kordiv HPPH) Wahyu Eko Prasetiyo, S.Pd., melakukan pengawasan melekat pada acara pelantikan